Rabu, 30 Januari 2013

Kerusakan Lingkungan Hidup
 

Menurut UU no. 23 Tahun 1997 : Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Sehingga lingkungan hidup sangat berperan penting dalam kegiatan makhluk hidup, seperti berkembang biak, melakukan aktifitas, pertumbuhan ekosistem, dll. Namun keadaan lingkungan hidup kian hari kian memburuk dengan persentase yang sangat tinggi dan menyebabkan perubahan di berbagai bidang.
Dulu Indonesia dikenal sebagai sebuah negeri yang subur. Indonesia sering disebut Negara agraris, karena sebagian penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani yang didukung oleh beberapa faktor seperti kesuburan tanah dan banyaknya lahan. Namun, seiring dengan perkembangan peradaban manusia, lingkungan hidup di Indonesia berubah seratus delapan puluh derajat. Kota besar di Indonesia kini jarang di jumpai pohon pohon yang menjulang sebagai resapan air, yang terlihat hanya gedung gedung tinggi dan besar. Tempat tempat peresapan air lainnya pun kini tertutupi oleh kerasnya aspal dan timbunan sampah sampah.
Jika kita perhatikan dengan serius, sebenarnya ada banyak masalah dalam lingkungan hidup kita ini yang harus di atasi, seperti sebagai berikut :
1.    Polusi Udara
Ini disebabkan karena meningkatnya pengguna kendaraan bermotor,asap dari pabrik, debu, gas dari pembusukan sampah organik, dan pemakaian zat kimia. Sehingga menyebabkan tercemarnya udara oleh gas gas yang berbahaya.
2.    Kekurangan Bahan Pangan
Disebabkan oleh terganggunya rantai makanan akibat rusaknya ekosistem.
3.    Kekurangan Sumber Daya Air
Kekurangan ini disebabkan oleh tercemarnya air akibat limbah organik limbah anorganik, dan limbah zat kimia.
4.    Sumber Daya Energi Habis
Sudah kita ketahui, bahwa semakin bertambahnya populasi manusia, maka semakin bertambah pula kebutuhan manusia akan sumber daya energi. Jika sumber daya energi digunakan secara terus menerus maka energi tersebut akan habis. Karena, sumber daya energi termasuk sumber daya yang tidak dapat di perbaruhi.
5.    Perubahan Iklim
Sekarang ini iklim berubah tak menentu, sehingga sulit untuk dipastikan. Salah satu faktor penyebabnya yaitu pemanasan global. Itu terjadi akibat efek rumah kaca dan gas rumah kaca.
Jika ada permasalahan pasti ada solusi atau cara untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan kita ini dari kerusakan, yaitu dengan cara :
a)    Hemat Listrik
Menggunakan listrik seperlunya dan menghindari penggunaan daya terlalu besar, sehingga tidak banyak energi yang di gunakan
b)    Hemat Air
Menghemat air memang perlu di lakukan, ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti daur ulang air dan menjaga kebersihan air.
c)    Membuang Sampah Pada Tempatnya
Membuang sampah pada tempatnya adalah hal kecil dan sederhana sebagai upaya menjaga lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Namun, banyak pula orang yang mengabaikan hal tersebut.
d)    Memisahkan Sampah Organik Dan Sampah Anorganik
Hal tersebut dapat bermanfaat bagi lingkungan dan kantong kita. Sampah organik dapat di jadikan pupuk kompos, dan sampah anorganik dapat di daur ulang, Sehingga  dapat menciptakan barang yang memiliki nilai jual tinggi.
e)    Reboisasi
Reboisasi kini mulai di lakukan di kota kota besar Indonesia untuk meminimalisasi terjadinya banjir.
Kecerobohan manusia yang tidak memperhatikan lingkungan akan berakibat lingkungan menjadi tidak bersahabat dan rusak sehingga kehidupan kita akan terganggu. Hal itu terjadi karena lingkungan menyerang balik kita dengan bencana yang dua kali lipat lebih besar dari apa yang kita lakukan. Efek terhadap tidak terjaganya lingkungan memang belum terlihat dan kita rasakan saat ini, tapi anak cucu kita di masa depanlah yang akan merasakannya.




0 komentar:

Posting Komentar