Minggu, 10 Februari 2013

Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup adalah segala sesuatu yang berguna dengan memberikan manfaat yang ada disekitar kita berupa makhluk hidup. Dalam hal ini, lingkungan hidup tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Lingkungan Hidup merupakan hal yang sangat pokok, dan akhirnya banyak masyarakat yang hanya menggantungkan hidupnya dari apa yang dihasilkan oleh alam semesta ini.
Sebagian besar masalah yang mereka hadapi saat ini adalah GLOBAL WARMING. Sebenarnya, peran serta masyarakat sangat diperlukan. Perlu kerjasama masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Misalnya saja, melakukan hal yang kecil dengan cara mengadakan penghijauan tumbuhan dilingkungan sekitar. Diperlukan juga pola pandang baru terhadap pengelolaan lingkungan. Sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Nah, hal itu dapat mengurangi adanya GLOBAL WARMING. Jika masyarakat masih tidak sadar akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh GLOBAL WARMING, yang akan menyebabkan adanya gangguan terhadap keseimbangan karena sebagian dari komponen lingkungan menjadi berkurang dan timbullah “perubahan lingkungan”.
1.       Perubahan Lingkungan karena Campur Tangan Manusia
Perubahan ini bisa terjadi kapan saja, contohnya penebangan pohon, pembangunan pemukiman(rumah susun). Penebangan hutan dapat menyebabkan banjir,erosi dll. Pembangunan pemukiman, terutama di tanah yang subur akibatnya, apabila terjadi hujan lebat akan memudahkan terjadinya banjir.
2.      Perubahan Lingkungan karena Faktor Alam
Perubahan lingkungan seperti ini, disebabkan oleh bencana alam. Seperti kebakaran hutan, letusan gunung berapi.
Namun, ada beberapa prinsip manusia untuk menerapkan Lingkungan Hidup atau Lingkungan yang Berkualitas. Diantara lain:
ü  Lingkungan diperuntukkan bagi semua makhluk hidup yang menempatinya.
ü Sumber Daya Alam perlu dipelihara dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan kebutuhan.
ü Aktivitas manusia dapat mempengaruhi alam
Dalam kondisi apapun, marilah kita mulai dari sekarang untuk menerapkan dan menciptakan Lingkungan Hidup yang Berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar