Sabtu, 16 Februari 2013


Lingkungan atupun kota yang bersih merupakan dambaan setiap orang. Tak hanya dambaan, tetapi juga nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Selain nyaman sebagai tempat tinggal, lingkungan yang bersih bias juga sebagai magnet bagi para wisatawan dari berbagai Negara. Banyak kota-kota di dunia yang tampak bersih sekaligus nyaman bagi penikmat wisata alam dan lainnya untuk berkunjung bukan hanya sekali namun berkali-kali karena kebersihannya yang selalu terjaga dari masa ke masa.

Inilah contoh-contoh kota terbersih di dunia: 
      1. Reykjavik, Islandia

Reykjavík adalah ibu kota Islandia. Kota ini memiliki penduduk sekitar 120.000 jiwa, atau sekitar setengah negara pulau ini. Saat ini, kota Reykjavik dijalankan sepenuhnya pada sistem go green, termasuk panas bumi dan pembangkit listrik tenaga air, sedangkan sistem transportasi di kota ini seluruhnya menggunakan hidrogen. Sangat mengesankan.
2.    Malmo, Sweden


Sungguh menakjubkan melihat kota ini, walaupun banyak penduduk di kota ini yang memiliki mobil pribadi, tetapi mereka justru menyukai go wes (bersepeda).sering  dijumpai orang bersepeda di berbagai sudut kota, gerakan go green dan car free day sangat sering diadakan di kota itu.


 3. Copenhagen, Denmark


Copenhagen adalah kota dimana warga sangat menyadari untuk isu lingkungan dan mereka suka menggunakan motor daripada mobil. Masyarakat di kota itu sangat antusias dalam berbagai kegiatan untuk menjaga lingkungan dan melakukan gerakan penghijauan. Maka dari itu jelas mengapa Kopenhagen adalah salah satu kota terhijau di dunia.

4. Vancouver, Canada
   

Tidak seperti kota-kota lain di Amerika Utara, kota terbesar di British Columbia telah melakukan banyak dalam rangka untuk go green. Bahkan 90% dari energi tersebut berasal dari sumber yang teranyar, seperti angin, pasang surut air laut, matahari dan energi gelombang, tetapi kota juga telah mengembangkan rencana 100-tahun untuk keberlanjutan dalam rangka terus hijau, meskipun kota ini sudah memiliki lebih dari 200 taman. Kota ini terus berupaya untuk menghijaukan kotanya, begitu juga untuk tempat wisatanya. Tak hanya untuk mempertahankan sebagai kota terbersih, tetapi juga tempat wisata yang paling diminati di dunia.




5. Bogota, Colombia
Kota yang secara luas dikenal karena tingkat kejahatan yang tinggi ini, menjadi hijau sejak pemerintahan oleh walikota Enrique Penalosa. Beliau berhasil merekonstruksi semua trotoar untuk pejalan kaki, beliau juga menciptakan sistem bus transit yang efisien dan merevitalisasi lebih dari 1200 ruang hijau kota (Nah Ini Asal Usulnya BUSWAY di Jakarta). Walikota juga meningkatkan harga BBm di kota ini agar masyarakat banyak yang menggunakan fasilitas umum seperti bus kota. Selain itu membuat masyarakat lebih memiih jalan kaki dan bersepeda daripada menggunakan mobil atu kendaraan bermotor milik pribadi. Kadangkala melakukan gerakan Car Free Day, inilah yang sedang dikembangkan di Indonesia terutama di Jakarta.



Melihat kota-kota terbersih di dunia yang demikian, harusnya kita sebagai warga Indonesia iri dengan hal itu. Jika bisa, kita sebagai masyarakat Indonesia berupaya menjaga lingkungan agar menciptaka kota bersih seperti kota-kota itu. Semoga bisa!

0 komentar:

Posting Komentar