Sabtu, 16 Februari 2013




Untuk itu perlu kita ciptakan lingkungan hidup yang yang indah,nyaman,aman,dan pastinya tidak membosankan. Agar hal tersebut dapat tercapai  maka,kita perlu melakukan beberapa hal diantaranya:

1. Menjaga Kebersihan. Kita dapat menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya,seperti ditunjukkan pada gambar di samping. Dengan membuang sampah kita dapat mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama kita  memiliki umur panjang(menurut pengamatan 
  semua orang). Kedua kita mendapat pahala,karena KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN. Tapi ada beberapa hal yang perlu kita cermati. Sekarang ada dua macam tempat sampah,yakni tempat sampah berwarna biru dan kuning. Kedua tempat sampah ini memiliki fungsi yang berbeda. 

A.      Tempat sampah warna biru (biasanya Hijau) adalah tempat sampah untuk bahan organik.
Sampah organik atau sampah basah merupakan sampah yang dapat terurai secara alami, artinya bahan 
sampah tersebut dapat membusuk tanpa harus di daur ulang. Sampah organik dihasilkan dari kegiatan rumah tangga seperti proses memasak, pertanian, kotoran hewan, dan sebagainya. Sampah organik ini lebih ramah terhadap lingkungan karena secara alami akan terurasi oleh bakteri.




A.      Tempat sampah wana kuning adalah tempat sampah untuk bahan anorganik.
Sampah anorganik atau sampah kering merupakan sampah hasil industri maupun hasil pengolahan bahan mineral dan minyak bumi. Sampah ini sangat susah terurai oleh alam, sehingga kalau sampai jumlah sampah tersebut menumpuk dalam tanah maka akan mengakibatkan pencemaran tanah dan lingkungan. Contoh sampah non organik diantaranya plastik, kaleng bekas minuman, alumunium, dan sebagainya.

v  Mengadakan Reboisasi atau yang lebih dikenal dengan penanaman hutan kembali. Dengan melakukan reboisasi kita telah menjaga lingkungan hidup kita (secara tidak langsung). Dengan reboisasi kita dapat mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya:

1.         Kualitas hidup kita akan meningkat. Tumbuhan yang kita tanam akan menghasilkan banyak oksigen dan menyerap polusi yang ada.
2.         Dapat terhindar dari pemanasan global,karena tanaman yang kita tanam dapat menyerap karbondioksida.
3.         Dapat membuat kita sehat dan hemat,apabila tanaman yang kita tanam adalah tanaman TOGA. Tanaman toga adalah tanaman obat-obatan keluarga. Macam-macam tanaman toga:
                                                                                         I.             TEMULAWAK
     Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) merupakan tanaman obat asli Indonesia. Temulawak sudah lama digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Temulawak juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai,antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan
tubuh.

                                                                                       II.            KUNYIT
kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

Sebagai manusia kita telah diberi akal dan akal itu harus kita gunakan dalam berbagai hal dan kondisi. Sesungguhnya Allah Swt memberi kita tugas untuk beribadah,taat kepada agama,baik kepada sesama dan saling tolong menolong sesama manusia. Ada juga tugas yang tidak kita sadari yakni menjaga bumi (earth) sebagai tempat tinggal kita. Sebagai tempat tinggal,bumi juga bisa hancur selayaknya rumah kita yang kita buat. Maka dari itu lestarikan alam dan lingkungan hidup. MAJU PENGHIJAUAN
GO GREEN



   

 

0 komentar:

Posting Komentar