Sabtu, 16 Februari 2013




PENGHIJAUAN (Reboisasi) dan manfaatnya
 

Reboisasi merupakan proses penghijauan kembali atau juga dapat disebut dengan penanaman kembali pada lahan/hutan yang gundul. Di indonesia banyak sekali hutan yang telah  di tebangi secara liar oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab, yang mengakibatkan bencana seperti ; banjir,  longsor dan rusaknya ekosistem mahkluk hidup yang ada di hutan . dengan adanya reboisasi kita dapat meningkatkan ekosistem dan keanekaragaman yang ada di hutan .
baru baru ini daerah ibu kota  indonesia yakni jakarta yang di landa banjir sangat luas , hampir semua daerah jakarta terendam banjir . hal ini juga di sebabkan oleh hutan yang gundul dan banyaknya pemukiman di jakarta , maka daerah resapan air sangatlah minim di daerah tersebut. Seharusnya pemerintah mengambil langkah untuk meluaskan lahan untuk kegiatan Reboisasi supaya dapat menanggulangi bencana alam yang terjadi di jakarta 
Perubahan iklim itu yang sudah tidak menentu berdampak pada sulitnya manusia membuat perkiraan perkembangan alam. Begitupun gerakan penghijauan sebagai upaya antisipasi global warming harus dibumikan dalam insan pendidikan.
Dampak signifkan dirasakan bersama dengan tidak mudahnya memprediksi gejolak alam. Ditengah anomali iklim (cuaca), gerakan penghijauan sekolah sudah menjadi harga mati. Gerakan sejuta pohon sudah harus mengakar kepada anak didik.
Penghijauan sebagai hasil kesepakatan mempertahankan keseimbangan ekologis sebagai satu bentuk merawat dan memelihara ekosistem yang makin terancam. Perlu program gerakan bersama dalam lingkungan sekolah dalam penanaman dan pengelolaan lingkungan secara terpadu.
Ketaatan akan penataan lingkungan, perlindungan sumber daya buatan, konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, cagar budaya, keanekaragaman dengan selalu mewaspadai dan mengantisipasi perubahan iklim yang semaikin absurd. Oleh karena itu sebuah sosialisasi, keteladanan dari penentu kebijakan sekolah dalam mengajak keluarga besar sekolah untuk saling bahu membahu memberikan kesadaran pentingnya sekolah hijau.
Gerakan satu siswa satu pohon baik dalam pot maupun ditanam di lingkungan, sesuai kondisi sekolah. Aksi penanaman, pemeliharaan dan perawatan menjadi tanggung jawab siswa. Disinilah gerakan mencintai kehidupan alam sebagai bentuk penyadaran bahwa merusak alam (penebangan pohon) dapat berkibat fatal. Seperti udara yang panas karena kurangnya peneduh, bahaya tanah longsor dan banjir.
Bila perlu budaya sekolah hijau selalu disisipkan dalam materi pembelajaran baik eksak maupun sosial. Karena sekolah hijau akan berdampak positif pada segala lini mulai dari hidup sehat, budaya cinta lingkungan, masalah ekonomi dan sosial. 


LANGKAH LANGKAH MELAKUKAN KEGIATAN REBOISASI 
·         1.>  Pertama tama, kita harus memilih bibit tanaman mana yang cocok untuk di tananm di hutan
·        2.>  Setelah itu buat lubang 7-8 cm dan ukuran diameter 5 cm saja untuk tmpat bibit tanaman
·         3.> Lalu letakan bibit tananam yang sudah di pilih
·         4.> Beri tanaman itu air secukupnya dan pupuk untuk kesehatan tanaman
Dengan penghijauan tersebut membawa berbagai manfaat, yaitu:
1.   Udara tidak terlalu panas
2.   Mengurangi bencana banjir
3.   Mencegah terjadinya tanah longsor
4.   Sebagai paru-paru dunia
Jadi kita harus menjaga lingkungan di sekitar kita dan Tinggal bagaimana sekarang warga  mewujudkan secara riil gerakan ”hijau”, yang tidak hanya sekedar wacana tanpa aksi. Semoga!

0 komentar:

Poskan Komentar