Sabtu, 16 Februari 2013



Ø  PENCEMARAN LINGKUNGAN
Pencemaran lingkungan (polusi) adalah masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan organisme di dalamnya. Pencemaran terjadi baik secara alami maupun akibat tindakan manusia.
Ini adalah contoh-contoh dari pencemaran air yang ada disekitar kita:
o   Pencemaran tanah
Pencemaran tanah adalah masuknya polutan (bahan pencemar lingkungan) berupan benda cair ataupun benda padat yang mencemari tanah. Polutan yang dimaksut disini adalah  limbah dari kegiatan industri atau kegitan kita sehari-hari. Pencemaran tanah ini membawa dampak negatif yang sangat banyak, seperti  matinya microorganisme, hewan dan t
umbuhan yang hidup disekitarnya.
Penanggulangan pencemaran tanah:
-          Tidak membuang limbah pabrik di sungai agar tidak mencemari tanah di sekitarnya.
-          Tidak membuang logam berat sembarangan agar tidak mencemari tanah.
o   Pencemaran air
 
Pencemaran air adalah masukya polutan (bahan pencemar lingkungan) ke dalam air, sama halnya dengan pencemaran tanah pencemaran air ini juga membawa dwmpak negatif yang sangat banyak dan sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup kita di masa yang akan datang. Jika pencemaran air ini terus terjadi bukan tidak mungkin kalau dalam waktu yang singkat kita akan kekurangan air bersih(krisis air) serta akan banyak ikan yang mati dikarenakan tempat hidupnya yang tercemar.
Penanggulangan pencemaran air:
-          Mengolah limbah industri/pabrik agar ramah lingkungan sebelum di buang di sungai.
-          Tidak membuang sisa obat atau insektisida keselokan atau sungai.
-          Tidak membuang sampah di sungai.
o   Pencemaran udara
Pencemaran udara adalah masuknya polutan (bahan pencemar lingkungan) ke dalam udara, sama halnya dengan pencemaran tanah dan air pencemaran udara juga membawa dampak negative  yang sangat banyak bahkan bisa menyebabkan kematian. Pencemaran udara disebabkan karena gas-gas sisa pembuangan . seperti, gas sisa kendaraan bermotor, kegiatan industri, rumah tangga dll. Jika pencemaran udara ini berlangsung terus menerus maka akan menyebabkan pemanasasan global. Selain terjadi pemanasan global pencemaran udara ini juga dapat menimbulkan hujan asam yang akan menyebabkan tumbuhan dan organisme tanah mati, besi dan logam lain akan berkarat.
Penanggulangan pencemaran udara:
-          Segera mematikan kompor atau kayu bakar jika sudah selesai memasak.
-          Tidak merokok sembarangan.
-          Ikut melakukan kegiatan reboisasi/penghijauan.
-          Keharusan membuat cerobong asap yang tinggi bagi pemilik pabrik/industri.
-          Larangan penggunaan gas CFC, karena berbahaya bagi lingkungan.
o   Pencemaran suara
 
Pencemaran suara disebabkan oleh kebisingan suara pabrik,  mesin kendaraan dll. Jika seseorang terus menerus mendengarkan kebisingan maupun suara keras akan menyebabkan gangguan pada kesehatan mereka. Dampak yang ditimbulkan adalah berkurangnya kemampuan untuk mendengar, jantung berdebar-debar, pusing dan mudah marah. Namun kita tidak perlu terlalu khawatir ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk penanggulangan pencemaran suara ini:
-          Seperti memasang peredam suara di rumah.
-          Menanam pohon di sekitar rumah.
-          Memasang  peredam suara pada mesin kendaraan               
       Pencemaran yang ada disekitar kita saat ini memang sangat merugikan dan membawa dampak yang tidak sedikit, tetapi kita sebagai manusia yang diberikan oleh tuhan Yang Maha Esa akal dan pikiran seharusnya bisa melindungi dan menjaga lingkungan  di sekitar kita , dan menanggulangi pencemaran yng sudah terjadi. Agar dimasa yng akan datang kita bisa tetap menikmati lingkungan yang bersih nyaman dan indah .
Memang untuk menjaga lingkungan yang sudah terlanjur tercemar seperti saat ini sangat sulit untuk dilakukan, tetapi janganlah kita sebagai manusia membiarkannya begitu saja, sebenarnya untuk menjaga lingkungan disekitar kita tetap terjaga kita bisa mulai dari diri kita sendiri yaitu dengan menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk menjaga lingkungan , dengan kita melakukan hal tersebut diharapkan orang disekitar kita dapat tergerak hatinya untuk mencontoh perilaku kita dalam menjaga lingkungan, agar tetap asri dan berseri.




0 komentar:

Posting Komentar